BANGUN PAGI

Bagi orang islam, kata “bangun pagi” seharusnya bukan hal baru dan aneh lagi, sebab Islam mengajarkan para pengikutnya untuk selalu bangun pagi. Pagi di sini berarti dimulai dengan sholat Shubuh, karena salah satu kewajiban ummat Islam adalah mengerjakan sholat lima waktu, diantaranya sholat Shubuh, dan sholat yang dikerjakan pagi hari sebelum matahari terbit adalah Shubuh. Kenapa dan ada apa dengan waktu Shubuh (pagi) tersebut ?
Di antara waktu-waktu istimewa dan doa yang dikabul (diterima) bagi seorang Muslim adalah waktu Shubuh, karena di dalamnya terkandung banyak keberkahan. Begitu mulianya waktu Shubuh sehingga Rasulullah SAW berdoa. “Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Shubuh.” (HR Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah)
Dalam pepatah masyarakat Jawa Barat khususnya Bekasi, masih ada yang mengatakan “Bangunlah pagi-pagi sebelum ayam berkokok agar rejeki kita tidak di patok ayam, karena ayam bangunnya sebelum matahari terbit. Mungkin banyak orangyang menganggap itu hanya guyonan orang zaman dahulu saja, padahal makna yang terkandung di dalamnya teramat berharga.
Lalu apa maksud pepatah tersebut ? Adakah hubungannya antara rejeki dengan ayam?.
Secara logika mungkin sederhana, “Apakah tidak malu manusia yang derajatnya lebih mulya dan memilki akal, harus ketinggalan dan kalah cepat dengan ayam ? Ayam saja bangun tidur sudah berusaha untuk menghidupi diri dan anak2nya, kenapa manusia masih bermalas-malasan?
Secara Ilmiyah bermakna bahwa jika kita bangun di pagi hari dan melakukan sebuah kegiatan atau aktivitas, maka kita akan mendapatkan lebih banyak dari pada kita berkerja mulai dari siang hari. Pagi hari udara masih segar, matahari belum panas membuat kerjaan kita menjadi lebih semangat.
Ahmadie Thaha pernah menuliskan dalam karyanya (1983: 141) faedah bangun pagi di antaranya :
• Pada waktu Shubuh, gas ozon (O3¬¬) memenuhi sebgian besar udara kita. Jumlah gas itu semakin berkurang dengan munculnya matahari. Kita merasakan nikmat apabila menghirup udara pagi, disebabkan udara yang mengandung ozon dalam jumlah yang banyak. Dan gas ozon sangat berguna bagi organ syaraf, menumbuhkan semangat kerja, pikiran maupun anggota tubuh yang lain. Tak ada waktu yang lain, kita dapat menikmati udara yang nyaman selain waktu pagi.
• sinar matahari pagi, mengandung warna merah dan warna ungu memberikan pengaruh tersendiri bagi semangat kerja urat syaraf, sedangkan sinar ultra violet amat bermanfaat bagi kulit di dalam proses penciptaan vitamin D.
• bangun pagi, dapat mengurangi waktu tidur. Orang yang tidur berlama-lama dalam satu waktu, akan ditimpa penyakit hati, khususnya penyakit atherosclerosis, sesak napas.
• di waktu pagi hari, jumlah kortozon yang terdapat dalam darah mencapai puncaknya, sekitar 7-22 mikrogram/100 ml plasma. Sedangkan pada sore hari hanya kurang dari 7 mikrogram/100 plasma. Kortozon merupakan zat yang mempergiat proses metabolisme.
Orang yang bangun pagi, dapat berangkat ke tempat kerjanya lebih awal, tidak terlambat, dan tidak terjebak macet. Hati lebih tenang karena tidak dimarahi atasan, tenaga lebih vit dan fikiran lebih fresh. Dengan Bismillah dan doa tentunya, insya Allah.. Wallahu a’lam bis-showab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s